Rabu, 14 Desember 2011

Sharing

Ada kisah singkat yang mungkin berguna bagi adek2 sekalian :)


Pengalaman kali ini ditulis oleh
Ronaldambatoho - Mahasiswa Teknik Fisika ITB

Oke, kebetulan gw lagi ada waktu sejenak buat nulis artikel. Melihat situs ini diperuntukkan terutama untuk teman2 SMA yang lagi galav milih jurusan, gw kasih sedikit curhatan gw aja ya.

Btw, gw-lo aja ya, jangan aku-kamu, kita kan gak pacaran.

Oke.


Gw dulu pas SMA termasuk orang bodok. Apalagi pas kelas dua. gw masuk urutan keempat dari belakang dari 40 orang sekelas. Kerjaan gw cuman main gitar. Sama main Dota. Udah. Jadi kalo ada kalian yang minta gw untuk ngajarin materi kelas 2 SMA, gw nyerah. Gw ga tau apa-apa.

Tapi satu hal, gw pengen kuliah di ITB. Ga tau kenapa, Mungkin karena ego, pengen keliatan keren aja: Kuliah di ITB. Wew. Calon mertua mana sih yang gak noleh denger calon mantunya anak ITB?

Kalau mau sadar diri, secara intelektual gw gak berhak masuk ITB. Mosok ada anak ITB yang dulunya pernah nyaris gak naik kelas? Istilahnya bakal malu-maluin aja.

Tapi, gw berpikir cuman satu hal: gw pengen kuliah di ITB, apapun yang terjadi. Terserah orang mau bilang apa.

Udah, dengan bermodal nekat, dan kesotoyan tingkat maksimum, gw memantapkan diri untuk daftar test ITB. Waktu itu ada USM. Mahal kan bok.

Gw: "Yakin nih Pak, daftar USM?"

Bapak gw: "Udah daftar aja, soal duit, gak usah dipikirin."

Padahal gw tau banget untuk sehari-hari aja beliau sering setres mikirin sisa beras di dapur. Maka dari itu, modal gw bertambah: feeling gak enak. Akhirnya pas kelas 3 SMA, gw semangat mati-matian ngejar pelajaran kelas 2 SMA yang entah kenapa gw ngerasa kayak belom pernah ketemu aja. Pokoknya kelas 3 SMA itu super kayang deh.

kayang parah.

-----

Singkat kata, gw keterima di Teknik Fisika ITB, jurusan yang emang gw pengenin dari SMA. Gw seneng bukan kepalang. Soal USM dan gimana cara supaya lolos USM? Gampang. Main game aja full seharian penuh sehari sebelum USM yang bagian tes psikotes. Cara ini udah berlaku terhadap gw dan satu temen gw.

Balik ke pendaftaran sebagai mahasiswa baru. Gw butuh duit 45 juta. Ya, bukan duit yang sedikit, apalagi kalo buat dituker dengan kolor. Ada sedikit perasaan di dalam hati gw, kalo duit gak bakal kekumpul sebanyak itu. Apalagi pas Bapak sempat bilang, "baru kekumpul 7 juta, nak. Bagaimana kalau ngambil jalur SPMB lagi aja? (waktu itu SNMPTN namanya SPMB)" Jeger. Jujur sempet pengen marah dan ngerasa perjuangan gw sia-sia. Tapi ya mo gimana lagi kalo kondisinya seperti begini. Cuman bisa pasrah dan bersyukur.

-----

H-2minggu.

Duit tetep baru kekumpul 7 juta, dan gw udah siap-siap ambil ancang-ancang ambil SPMB. Ya, gapapa sih, lumayan kok hasil kerja keras gw pas belajar buat USM kemaren masih hapal lah dikit-dikit. Dengan pemikiran seperti itu gw tetep rajin ke sekolah (ceilah) dan gw tetap bercengkerama ria dengan teman-teman gw.

Di satu hari, hape gw berdering.

Yang nelpon (Y) : Halo, Amba.

Gw: Iya?

Y: barusan udah Inang Uda kirim ya xx juta buat bayar masuk kuliah.

Gw speechless. Bahkan untuk ngomong "Garuda Pancasila, akulah pendukungmu. Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu" aja susah. Dan emang gw lagi gak niat nyanyi lagu Garuda Pancasila juga waktu itu. Entah mengapa, Inang Uda gw tiba2 baik banget. Padahal gw, ataupun anggota keluarga yang lain, gak pernah minta untuk mereka ngebayarin uang masuk gw. Dan keluarga gw itungannya gak terlalu deket dengan keluarga Inang Uda ini. Entah apa yang ada di pikiran mereka, dan entah apa yang ada di pikiran gw saat itu.

Rasanya pengen nangis, dan ya jujur, gw mulai nangis waktu itu.

------

Dan sekarang, di sinilah gw, berkutat untuk tahap terakhir di sini. Sebenernya masih ada miracle lanjutan mengenai peristiwa gw masuk ke kampus ini, cuman takut kepanjangan, lo semua juga bete kan bacanya. Pokoknya, pesan gw buat adek2 SMA sekalian:

1. Jangan takut masuk ITB karena ngerasa kurang pinter. Ranking 37 dari 40 orang sekelas aja bisa masuk. Asal ada niat buat belajar mati-matian dan sungguh-sungguh, pasti bisa kok.

2. Pilih jurusan yang kalian SUKA. Bukan jurusan yang kalian ANGGAP hebat. Tuhan udah ngatur rejeki orang, jadi jangan kuatir kalo jurusan yang kalian suka keliatannya kok ga banyak duit yah ke depannya. Bos perusahaan aja banyak yang tamat SD.

3. Jangan takut masuk ITB karena ngerasa kurang duit. Seperti yang diberitakan di media media lain, adalah benar bahwa ITB banyak beasiswa. Lagian kalo emang udah takdir dari Yang Di Atas kalian kuliah di sini, kenapa harus menghalangi takdir tersebut dengan pikiran yang dipersempit oleh materi?

4. Belajar yang rajin. Hard work beats talent when talent doesn't work hard. Jangan minder kalo lo ngeliat yang ranking 1 di kelas lo juga ikutan daftar ITB. Belajar aja bareng dia. Curi ilmu dia. Banyak kok temen2 yang ranking di sekolah gw yang seharusnya secara intelektual berhak masuk ITB, tapi kenyataannya mereka gak masuk karena keburu minder ngeliat peminat ITB udah banyak banget dan takut gak keterima.

Udah segitu dulu aja ya, semoga tulisan panjang ini bisa kalian baca, dan berguna buat kalian.

Salam super,

Peace.

4 komentar: